Desa Maduretno Buluspesantren



Desa Maduretno adalah sebuah Desa yang berada di pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa. Desa Maduretno adalah salah satu Desa dari 21 Desa yang berada di Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Maduretno adalah sebuah Desa yang memiliki sejarah yang sangat besar bagi wilayah (desa) sekelilingnya.

Menurut sumber Mbah Suryono dan Mbah Partadwirdja (sesepuh setempat), jaman dahulu tempat ini adalah hutan (alas) yang lebat yang belum berpenghuni dan belum mempunyai nama. Jaman dahulu tempat ini menjadi rebutan oleh para penguasa. Banyak factor yang kenapa tempat ini menjadi rebutan. Diantaranya tempat yang strategis, hamparan tanah luas, dan dekat dengan sungai.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai diduduki oleh orang-orang pendatang. Diantaranya adalah seseorang yang bernama “Jaka Sangkrip”. Tetapi tak selang beberapa lama kemudian muncul kabar bahwa tempat tersebut sudah dipesan oleh beberapa pejabat atau penguasa daerah sekitar untuk kepentingan pribadi. Namun karena banyaknya para penguasa yang berebutan, akhirnya terjadi peperangan antar penguasa, dan keduanya imbang (sama-sama kalah). Sehingga tempat tersebut belum ada yang berkuasa.

sumber: Desa Maduretno

wdcfawqafwef