Jadilah seperti pensil

Jadilah seperti pensil



Seseorang anak ajukan pertanyaan pada neneknya yang tengah menulis suatu surat.
" Nenek lagi menulis perihal pengalaman kita ya? atau perihal saya? "
Mendengar pertanyaan si cucu, sang nenek berhenti menulis serta berkata pada cucunya,
" Sesungguhnya nenek tengah menulis perihal anda, namun ada yang lebih utama dari isi tulisan ini yakni pensil yang nenek gunakan. Nenek ingin anda akan seperti pensil ini saat anda besar kelak ", tutur si nenek lagi.

Mendengar jawaban ini, si cucu lalu lihat pensilnya serta ajukan pertanyaan kembali pada si nenek saat dia lihat tak ada yang istimewa dari pensil yang nenek gunakan.
" Namun nek, kelihatannya pensil itu sama juga dengan pensil yang lain ", Tutur si cucu.
Si nenek lalu menjawab,
" Itu seluruhnya bergantung bagaimanakah anda lihat pensil ini. Pensil ini memiliki 5 kwalitas yang dapat membuat kamu senantiasa tenang dalam melakukan hidup, bila anda senantiasa memegang prinsip-prinsip itu di dalam kehidupan ini ", Si nenek lalu menuturkan 5 kwalitas dari suatu pensil.

" Kwalitas pertama, pensil mengingatkan anda bila anda dapat berbuat hal yang hebat dalam kehidupan ini. Seperti suatu pensil saat menulis, anda janganlah pernah lupa bila ada tangan yang senantiasa menuntun langkah anda dalam kehidupan ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan, Dia bakal senantiasa menuntun kita menurut kehendakNya ".

" Kwalitas ke-2, dalam sistem menulis, nenek terkadang sekian kali mesti berhenti serta memakai rautan untuk menajamkan kembali pensil nenek. Rautan ini juga bakal bikin si pensil menanggung derita. Namun sesudah sistem meraut usai, si pensil bakal memperoleh ketajamannya kembali. Demikian dengan juga anda, dalam kehidupan ini anda mesti berani terima penderitaan serta kesulitan, lantaran merekalah yang bakal membuat kamu jadi orang yang tambah baik ".

" Kwalitas ketiga, pensil senantiasa memberi kita peluang untuk mempergunakan penghapus, untuk melakukan perbaikan kalimat yang salah. Oleh karenanya melakukan perbaikan kekeliruan kita dalam kehidupan ini, tidaklah hal yang buruk. Itu dapat menolong kita untuk terus ada pada jalan yang benar ".

" Kwalitas ke empat, sisi yang paling utama dari suatu pensil tidaklah sisi luarnya, tetapi arang yang ada didalam suatu pensil. Oleh karenanya, selalulah hati-hati serta mengerti beberapa hal didalam dirimu ".

" Kwalitas ke lima, suatu pensil senantiasa meninggalkan sinyal/goresan. Seperti juga anda, anda mesti sadar bila apa pun yang anda perbuat dalam kehidupan ini bakal meninggalkan kesan. Oleh karenanya selalulah hati-hati serta sadar pada seluruhnya aksi ".

wdcfawqafwef